“Baitul Arqam Mahasiswa (BAM) Kaderisasi Al Islam Kemuhammadiyahan bagi Mahasiswa baru FK UM Palembang TA. 2024/2025”

“Baitul Arqam Mahasiswa (BAM) Kaderisasi Al Islam Kemuhammadiyahan bagi Mahasiswa baru FK UM Palembang TA. 2024/2025”

Sebanyak 150 orang mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang mengikuti kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa (BAM). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga AIK dan Kaderisasi Universitas Muhammadiyah Palembang.

Kegiatan BAM berlangsung selama 2 hari 1 malam yang dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu/21-22 September 2024 yang bertempat di Pondok Pesantren Thawalib Sriwijaya Palembang. Tema dari Kegiatan BAM kali ini adalah “Internalisasi Nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Sebagai Fondasi Mahasiswa Berkemajuan”.

Kegiatan BAM bertujuan agar pemahaman Muhammadiyah dapat tersebar luas dan masif di kalangan mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki latar belakang berbeda ideologinya dengan Muhammadiyah, minimal dapat menerima Muhammadiyah secara maksimal yang diharapkan mereka dapat menjadi penggerak Muhammadiyah setelah lulus dari
Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTM/A). Oleh karena itu, maka BAM menjadi penting untuk
diselenggarakan.

Dalam kegiatan BAM ini terdapat tiga orientasi materi sekaligus, yakni materi yang bersifat ideologis, kepemimpinan dan pengembangan diri serta pembentukan kepribadian.

Dengan integrasi materi ideologis, kepemimpinan dan pengembangan diri serta pembentukan kepribadian diharapkan dapat membentuk perilaku mahasiswa PTM/A menjadi kader intelektual yang anggun dalam moral dan unggul dalam intelektual dan memiliki loyalitas dan keberpihakan terhadap Muhammadiyah.

BAM ini menerapkan metode pembelajaran untuk orang dewasa dan metode partisipatoris-dialogis. Dengan metode tersebut pelatihan diorientasikan pada proses pengalaman berstrukur pada setiap peserta pelatihan, sehingga menggunakan banyak variasi metode, antara lain:
1. ceramah dan tanya jawab;
2. diskusi kelompok;
3. penugasan;
4. seminar;
5. workshop;
6. simulasi;
7. anjangsana.Baitul Arqam Mahasiswa (BAM) Kaderisasi AL Islam Kemuhammadiyahan bagi Mahasiswa baru FK UM PAlembang TA 2024/2025.

Foto Kegiatan
Foto Kegiatan
>
>
>
>
>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *